Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Batam Gandeng Media Batam Pos

Batam (03/09/2021) – Sejalan dengan program Bea Cukai mengenai pemberantasan rokok ilegal, Bea Cukai Batam turut memasifkan kampanye Gempur Rokok Ilegal. Salah satunya dengan menggandeng Batam Pos sebagai partner media dalam mensukseskan program ini. Hal tersebut disampaikan pada kunjungan kerja pada Kamis (02/09) di Gedung Graha Pena lt. 3.

“Selain silaturahmi dan perkenalan saya sebagai kepala kantor yang baru, kami juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menghindari barang ilegal, seperti rokok ilegal. Semoga dengan menggandeng media seperti Batam Pos dapat bantu mengkampanyekan ke seluruh lapisan masyarakat,” ucap Ambang.

Maraknya peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat mengakibatkan penerimaan negara di bidang cukai berkurang dan berimbas pada kesejahteraan rakyat. Banyak sektor negara yang pembiayaannya berasal dari penerimaan cukai. Selain dalam hal penerimaan, rokok ilegal juga merugikan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung. Hal itu dikarenakan penerimaan dari rokok akan digunakan sebagai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di tiap tiap daerah. DBHCHT sangat berperan penting dalam pembiayaan di berbagai sektor, seperti sektor kesehatan, penegakan hukum, dan kesejahteraan petani maupun pekerja di sektor Industri Hasil Tembakau (IHT).

Pimpinan Redaksi Batam Pos, Muhammad Iqbal mendukung kampanye “Gempur Rokok Ilegal” dan memberikan apresiasi kepada Bea Cukai Batam dalam mengelola keterbukaan informasi.

“Apresiasi saya untuk Bea Cukai Batam, karena keterbukaan informasi sudah sangat bagus. Media sosial yang dimiliki juga sangat aktif, tentunya hal ini luar biasa untuk institusi pelayanan masyarakat. Batam Pos juga mendukung program ini,” jelas Iqbal.

Selain dengan mengajak Batam Pos sebagai partner media mengkampanyekan Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Batam juga melakukan operasi cukai di beberapa pasar dan toko-toko di Kota Batam. Hal itu dilakukan untuk memberikan edukasi langsung kepada penjual eceran di Kota Batam. Kunjungan ini menjadi bentuk simbol keseriusan Bea Cukai Batam dalam memberantas rokok ilegal yaitu bekerja sama dan bersinergi dengan partner media kota Batam. Diharapkan masyarakat akan lebih tahu betapa pentingnya rokok yang legal.