Juara Dalam Ajang Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS), Bea Cukai Batam Berikan Apresiasi ke MAN IC Batam dan SMK Multistudi Highschool

(Batam, 07/05/2021) Selain melaksanakan tugas dalam hal pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Batam juga aktif melakukan edukasi terkait kepabeanan dan cukai kepada masyarakat Batam. Kamis, 6 Mei 2021, Bea Cukai Batam melaksanakan kunjungan ke Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Batam dan SMK Multistudi Highschool dalam acara Customs Goes To School (CGTS) sekaligus memberikan hadiah bagi para pemenang dalam rangkaian perlombaan Olimpiade Pemberantasan Penyelundupan Pesisir Timur Sumatera (OP3TS).

Hadir sebagai pemateri, Undani (Kepala Seksi Layanan Informasi) dan Supendi (Kepala Subbagian Umum dan Kepatuhan Internal). Undani menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan karena maraknya penyelundupan di Pesisir Timur Sumatra. 

“Dengan memberikan edukasi pada jenjang SMA/MA/SMK/sederajat terkait penyelundupan barang-barang ilegal, diharapkan anak-anak ini mampu menjadi penyebar informasi ke masyarakat sekitar. Jadi Bea Cukai seperti punya perwakilan di masyarakat”, ungkap Undani.

Supendi menambahkan, “Dengan adanya acara ini juga, diharapkan bisa menekan tingkat penyelundupan di Pesisir Timur Sumatra. Dengan teredukasinya anak-anak sekolah tentang peran DJBC, pentingnya pemberantasan penyelundupan untuk menjada kedaulatan NKRI, dan memberikan pengetahuan mengenai dampak negatifnya, semoga mereka tidak ikut mendukung kegiatan ilegal ini.”

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah ke Juara 1 Lomba Cerdas Cermat dari MAN IC Batam yakni 10 Juta Rupiah dan laptop dan juga ke Juara 1 Lomba Video Pendek dari SMK Multistudi Highschool.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai karena telah mengadakan perlombaan yang bergengsi ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya kami terus bisa ikut sehingga tim-tim baru dari MAN IC juga mempunyai pengalaman yang sama dengan kakak-kakaknya,” ucap Rudianto selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Batam.

Diharapkan adanya CGTS ini dapat meningkatkan wawasan para siswa terkait kepabeanan dan cukai khususnya terkait penyelundupan di daerah Pesisir Timur Sumatra, serta para siswa bisa menyebarluaskan kepada orang-orang terdekatnya.