Jaga Pesisir Timur Sumatera, BC Batam Dan PSO Gelar Operasi Jaring Sriwijaya

Batam (13/10) – Keberadaan unit patroli Bea Cukai merupakan peranan yang sangat strategis dalam mengamankan keuangan negara dan menjaga perbatasan Indonesia dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya.

Meskipun di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), hal ini tak menyurutkan langkah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), khususnya Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Batam dan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Batam terus menggalakan Operasi Patroli Laut Terpadu Bea Dan Cukai Jaring Sriwijaya 2020. Hal ini diungkapkan Kepala PSO Bea Cukai Batam, Waloyo, dalam Dialog Kinerja Organisasi (DKO) KPU Bea Cukai Batam pada hari Kamis (08/10).

Pelaksanaan patroli laut jaring Sriwijaya ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PSO Bea Cukai Batam. Operasi patroli laut ini juga dilaksanakan oleh beberapa satuan kerja DJBC lintas wilayah di perairan bagian barat Indonesia khususnya perairan Selat Malaka, pesisir timur Sumatera, Selat Singapura sampai dengan perairan Kalimantan Barat.

Kegiatan operasi patroli laut ini pun tetap memperhatikan protokol kesehatan baik sebelum patroli, saat patroli, dan setelah patroli. Dengan adanya patroli laut ini diharapkan dapat menanggulangi penyelundupan dan tindak pidana lainnya yang dapat merugikan negara.