Internalisasi NLE dan BLE Bea Cukai Se-Kepulauan Riau, Kepala Bea Cukai Batam: Bea Cukai Jadi Leading Sector

Batam (6/11/2020) – Bea Cukai Batam adakan Internalisasi National Logistics Ecosystem (NLE) dan Batam Logistics Ecosystem (BLE) yang diikuti oleh Bea Cukai se-Kepulauan Riau. Kegiatan yang dilakukan secara daring pada Jumat (6/11) ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pegawai guna menyukseskan terealisasinya NLE.

“Internalisasi ini menindaklanjuti Inpres Nomor 5 Tahun 2020 mengenai pelaksanaan program National Logistics Ecosystem yang diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dan Kemenko Marves. Kita (Bea Cukai) diharapkan sebagai leading sector yang memimpin terealisasinya program NLE ini.” ujar Susila Brata, Kepala Kantor Bea Cukai Batam dalam sambutannnya.

Sebagai leading sector, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus melakukan pemanfaatan teknologi dan sistem informasi kepabeanan dan cukai. Kasubdit Pengembangan Sistem Informasi Kepabeanan dan Cukai, Sigit Santosa dalam sambutannya menyampaikan bahwa ke depannya akan banyak sekali perubahan terkait pemanfaatan teknologi di Bea Cukai.

“Nantinya teman-teman setelah ini akan banyak sekali mengikuti perubahan yang ada di organisasi kita. Seperti (sistem aplikasi) pada program NLE dan BLE ini, CEISA 4.0, dan Smart Customs and Excise. Nanti semuanya akan cepat sekali teknologi ini berjalan.” jelas Sigit.

Materi internalisasi disampaikan oleh Mirza Chaidir Rahman dan Dartono dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai. Materi internalisasi meliputi transformasi sistem informasi DJBC dan proses bisnis dalam program NLE dan BLE.

Penyampaian materi juga dilakukan oleh Agus Utomo selaku perwakilan dari PT Toms Daya Integra. PT Toms Daya Integra merupakan salah satu perusahaan di bidang logistik yang telah terdaftar di NLE. iTruck.ID merupakan platform digital yang berhasil dikembangkan oleh PT Toms Daya Integra. iTruck.ID sendiri adalah platform trucking dan logistic digital yang mentransformasikan bisnis trucking skala kecil agar bisa bersaing dengan bisnis trucking dengan skala yang lebih besar. Materi yang disampaikan meliputi proses bisnis platform iTruck.ID dalam mencakup seluruh kegiatan logistik.

Internalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pegawai terkait proses bisnis dalam program NLE dan BLE, mengingat program NLE dan BLE ini memiliki peran yang sangat besar dalam mempercepat proses logistik di Indonesia.