Infrastruktur Terus Dibenahi, Batam Logistic Ecosystem Semakin Siap

Batam (04/02) Batam Logistic Ecosystem (BLE) telah memasuki babak baru. Tahun 2021 fokus pengembangan BLE adalah pada sistem teknologi informasi serta penguatan keamanan dan pengembangan infrastruktur, khususnya penataan Pelabuhan Batu Ampar.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Nelson Idris menyampaikan “Autogate system sudah dipasang, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses keluar masuk sarana pengangkut kontainer. Pada tanggal 12 Januari 2020 kemarin pun telah dilakukan uji coba sistem dan hasilnya berjalan baik.”

Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar direncanakan akan terbagi dalam empat tahap yang dimulai pada 2020 hingga 2033. Pengembangan pelabuhan tersebut ditargetkan dapat meningkatkan kapasitas kontainer hingga 11 juta teus.

Meski bertahap, Nelson optimis bahwa ke depannya, dengan pengembangan infrastruktur dan perlengkapan pelabuhan, dapat mengantarkan Pelabuhan Batu Ampar sebagai Green Port percontohan di Indonesia.

“Kami juga sedang merancang penerapan teknologi digital Terminal Operating System (TOS). Digitalisasi TOS tidak hanya meningkatkan pelayanan karena handling peti kemas menggunakan sistem, namun juga menghemat pengeluaran biaya operasional pengguna jasa yang dapat menurunkan biaya logistik,” tandasnya.

Selain pengembangan terhadap infrastruktur Pelabuhan Batu Ampar yang dipimpin oleh BP Batam, pengembangan BLE juga berfokus pada pengembangan pelayanan yang terlibat di dalamnya, seperti pelayanan trucking.

“Dari awal TruckID berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam NLE/BLE ini, nanti kami akan menyiapkan QR Code untuk driver berupa gate pass dan berkolaborasi dengan pelabuhan. Kedepan akan dibuka kantor TruckID di Batam untuk mempermudah koordinasi,” ungkap Agus Utomo selaku Direktur TruckID Batam.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata optimis Bea Cukai bersama BP Batam  dan semua pihak yang terlibat dapat menyelesaikan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam Batam Logistic Ecosystem (BLE).

“BLE ini merupakan program bersama dan merupakan bagian dari NLE, saya optimis kita semua dapat berkolaborasi dalam level yang sama dengan tekad yang sama sehingga dapat mempermudah dan memperkuat investasi dan industri di Batam.”