Indeks Efektivitas Komunikasi dan Edukasi Bea Cukai Batam Makin Bersinar, Sosialisasi Makin Gencar Komunikasi Makin lancar

Batam – Selama Tahun 2020 Bea Cukai Batam telah gencar melaksanakan berbagai sosialisasi. Sosialisasi dilakukan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait peraturan kepabeanan dan cukai. Dari 15 sosialisasi yang dilakukan, Bea Cukai Batam berhasil melampaui target Indeks Efektivitas Komunikasi dan Edukasi.

Bea Cukai Batam berhasil mencapai angka sebesar 88,16 dari target sebesar 82. Angka tersebut didapat dari Kuesioner Efektivitas Komunikasi dan Edukasi yang diisi oleh para peserta sosialisasi. Hal ini menunjukkan Bea Cukai Batam telah memberikan edukasi dan pemahaman yang efektif kepada masyarakat.

Tahun 2020 diisi dengan berbagai implementasi peraturan kepabeanan dan cukai yang baru. Di awal tahun 2020, Bea Cukai Batam tak henti-hentinya memberikan sosialisasi terkait PMK-199/PMK.010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Impor Barang Kiriman. Sosialisasi dilakukan dengan berbagai elemen masyarakat, yang meliputi pengusaha UMKM, Asosiasi Perusahaan Jasa Titipan (PJT), Batam Online Community, dan Asiosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA).

Berbagai sosialisasi juga telah diberikan terkait ketentuan kepabeanan dan cukai lainnya. Sosialisasi tersebut meliputi sosialisasi ketentuan registrasi IMEI terhadap produk HKT (handphone, komputer genggam, dan tablet), sosialisasi angkut terus dan angkut lanjut, sosialisasi pemberitahuan pabean, sosialisasi terkait impor sepatu, elektronik, dan sepeda, dan lain sebagainya.

Berbagai sosialisasi tersebut diselenggarakan baik secara tatap muka maupun secara daring. Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Bea Cukai Batam dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang dilakukan secara tatap muka pun dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan.

Menyambut Tahun 2021 Bea Cukai Batam akan terus meningkatkan efektivitas komunikasi dan edukasi melalui kegiatan sosialisasi. Bea Cukai Batam terus berupaya memberikan pemahaman dan kejelasan ketentuan kepabean dan cukai secara baik kepada masyarakat.