Hanya Hitungan Jam, Bea Cukai Batam Terus Melakukan Percepatan Waktu Penyelesaian Proses Barang Kiriman

Batam (17/05/2021) – Percepatan waktu penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman di Bea Cukai Batam terus dilakukan. Terlihat pada data barang kiriman bulan April, Bea Cukai Batam berhasil menyelesaikan proses barang kiriman dengan rata-rata 0,4 hari per kiriman. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai II, P. Dwi Jogyastara pada Dialog Kinerja Organisasi yang dilaksanakan pada Senin, 10 Mei 2021 di Ruang Rapat Batam Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam.

Percepatan proses kepabeanan barang kiriman yang terlihat dari data pada bulan Januari hingga April memang menunjukkan tren positif. Pada bulan Januari, waktu penyelesaian tercatat 0,49 hari dan dapat dipangkas menjadi 0,4 hari di bulan April. Angka ini jauh melebihi target yang ditetapkan yakni 1,58 hari per barang kiriman.

“Dengan rata-rata pengurusan barang kiriman di Bea Cukai yang hanya 9 jam, tidak membuat kita puas dengan hal itu. Kita akan terus berkomitmen untuk lebih cepat lagi. Semoga hal ini bisa terus kita tingkatkan di bulan-bulan berikutnya,” ungkap Dwi.

Pada bulan April terdapat 451.974 dokumen yang dilayani. Angka ini tentunya bukan penghalang bagi Bea Cukai Batam untuk memberikan layanan yang cepat dan tepat.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19, Bea Cukai Batam tidak gentar dalam memberikan pelayanan yang terbaik terkait pelayanan barang kiriman,” tambah Dwi.

Bea Cukai Batam akan terus berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman. Selain itu juga sistem otomasi penyelesaian barang kiriman akan terus dikembangkan dan ditingkatkan. Dengan demikian industri di Batam khususnya mengenai barang kiriman dapat bersaing di era 4.0 ini.