Hanya Butuh 5 bulan, Bea Cukai Batam Mampu Lampaui 126,96% Target Penerimaan Tahunan

Batam, 10/06/2021 – Bea Cukai Batam berhasil lampaui 126,96% target penerimaan tahun 2021 pada bulan Mei. Total penerimaan Bea Cukai Batam sudah mencapai Rp 361,69 Miliar, melampaui target tahun 2021 Rp 284,90 Miliar. Pencapaian luar biasa ini dipaparkan pada rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) pada 8 Juni 2021 yang diselenggarakan di kantor Bea Cukai Batam.

Penerimaan Bea Cukai Batam hingga bulan Mei 2021 secara keseluruhan didominasi oleh penerimaan bea keluar sebesar 70,97% dari total realisasi penerimaan, dengan besaran nilai mencapai Rp 256,71 Miliar. Disusul dengan penerimaan bea masuk sebesar Rp 100,04 Miliar, dan kemudian penerimaan cukai sebesar Rp 4,94 Miliar. Pencapaian ini mampu dilakukan oleh Bea Cukai Batam bahkan di kala angka produk domestik bruto (PDB) mengalami kontraksi sebesar 0,74%  (Year-on-Year) di triwulan pertama.

“Bea Cukai Batam tidak lantas mengendurkan kinerja karena telah mencapai target tahunan. Bea Cukai Batam akan terus bekerja meningkatkan kinerja penerimaan. Saat ini, Bea Cukai Batam tengah menyusun rencana-rencana untuk meningkatkan kinerja penerimaan Bea Cukai Batam”, ucap Kepala Bidang Perbendaharaan dan Keberatan Bea Cukai Batam, Akbar Harfianto.

Rencana-rencana yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja penerimaan antara lain dengan melakukan Collecting data Harmonized System (HS) komoditi per perusahaan jasa titipan (PJT) untuk barang kiriman, dan Collecting data komoditas per perusahaan pengekspor Crude Palm Oil (CPO) dan secondment/joint program untuk penerimaan CPO. Tak hanya sebatas itu, untuk menggenjot penerimaan cukai, dalam hal ini cukai plastik, Bea Cukai Batam aktif melakukan Customs Visit Customer (CVC) pada perusahaan produksi plastik dan melakukan penghitungan perkiraan output penerimaan cukai plastik.

“Bagi Bea Cukai Batam, target yang ada hanyalah sebagai acuan, namun kewajiban untuk memberikan yang terbaik akan terus dilakukan meskipun telah melampaui target yang ada.”, tambah Akbar Harfianto.

Dengan capaian luar biasa ini, Bea Cukai Batam tetap berupaya memberikan pelayanan dan pengawasan terbaik. Bea Cukai Batam terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam pemulihan ekonomi nasional.