+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam (25/01/2020) – Kampanye gempur rokok ilegal terus gencar dilakukan melalui kegiatan gowes bersama dan bakti sosial di Kecamatan Sagulung. Kegiatan ini merupakan salah satu acara ”KPU Day” dalam memperingati hari jadi Bea Cukai Batam yang ke-12. Para peserta gowes terdiri dari pegawai Bea Cukai Batam dan PSO Bea Cukai Batam bersepeda dari Komplek Bea Cukai sampai Sagulung yang nantinya dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial dan sosialisasi.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala PSO Bea Cukai Batam Bapak Waloyo, yang menyampaikan tujuan acara bakti sosial ini adalah sebagai bentuk kepedulian Bea Cukai kepada masyarakat yang membutuhkan di daerah Sagulung. Selain memberikan bantuan, Bea Cukai Batam juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai maraknya peredaran rokok ilegal. “Dengan jumlah pegawai yang terbatas dan wilayah pengawasan yang luas maka dibutuhkan peran masyarakat dalam membantu pengawasan barang-barang ilegal, termasuk rokok ilegal.” tambah Waloyo.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai peredaran rokok ilegal yang disampaikan oleh Benzto Y. P. Hutajulu mengenai ketentuan mengenai cukai rokok, seperti jenis-jenis rokok ilegal, bagaimana membedakan rokok legal dan rokok ilegal. Benzto juga menjelaskan ciri-ciri rokok ilegal seperti tidak dilekati pita cukai, menggunakan pita cukai palsu, menggunakan pita cukai bekas. Sosialisasi ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah guna menekan peredaran rokok ilegal sampai 3% pada tahun ini.

Sebagai  bentuk kepedulian kepada masyarakat, diadakan juga berbagai kegiatan sosial  yang terdiri dari pelayanan kesehatan secara gratis, pemberian bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Kabag Umum Koen Rachmanto, untuk pembangunan musholla Al-Ikhlas perum griya permai Sagulung, serta pembagian sembako yang disambut dengan hangat oleh masyarakat sekitar.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mengerti dan sadar akan pentingnya “menggempur” rokok ilegal yang beredar di lingkungan masyarakat. Perlu adanya sinergi antara bea cukai dan masyarakat dalam memerangi penyelundupan dan peredaran rokok ilegal ini agar penerimaan negara dapat optimal.

WhatsApp chat