Ekspor Semakin Mudah dengan Fasilitas, Indonesia Maju Makin Berkualitas

Dalam Upaya meningkatkan Ekspor yang ditempuh melalui penyelesaian perjanjian perdagangan dengan negara-negara potensial yang menjadi tujuan ekspor khususnya di Kota Batam, Kementerian Perdagangan bersama Bea Cukai Batam melakukan komunikasi publik dengan instansi dan perusahaan di Batam. Bertempat di hotel Aston Kota Batam, Selasa, 10 Maret 2020. Bea Cukai Batam menjadi salah satu narasumber dalam komunikasi publik yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan. Selain Bea Cukai Batam, Kementerian Perdagangan RI juga turut mendatangankan narasumber M. Rizalu Akbar selaku Plt. Kepala Subdirektorat Asia Selatan, Tengah dan Timur.

Dalam acara tersebut disampaikan penjelasan mengenai hasil perundingan Bilateral antara Indonesia dengan daerah Asia lainnya sperti Jepang, Korea, Pakistan, Bangladesh, dan India. Di jelaskan bahwa Indonesia bekerja sama dengan negara yang berpotensi untuk bekerja sama ekspor. Demi meningkatkan ekspor, pemerintah juga menawarkan berbagai fasilitas kemudahan demi mendukungnya kegiatan ekspor yang terfasilitasi.

Bea Cukai Batam sebagai salah satu narasumber acara komunikasi publik, memberikan penjelasan mengenai ketentuan impor dan ekspor di Kawasan Bebas seperti Batam serta penerapan fasilitas FTA (Free Trade Agreement) di Kawasan Bebas seperti Batam. Acara ini diharapkan dapat memberikan kemudahan khususnya kepada pelaku usaha khususnya eksportir.