Dukung Percepatan Pelayanan Barang Kiriman, Bea Cukai Batam Gencar Adakan Sosialisasi

Batam (13/10)- Demi meningkatkan percepatan pelayanan barang kiriman, Bea Cukai Batam gencar mengadakan sosialisasi ke seluruh pihak yang terlibat dengan proses pelayanan barang kiriman. Sosialisasi yang diadakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pihak yang terlibat agar dapat memberitahukan jumlah, jenis dan nilai barang dengan benar dan sesuai. Hal tersebutlah yang membantu percepatan proses pelayanan barang kiriman.

Total sosialisasi barang kiriman yang telah diadakan sampai dengan Bulan Oktober yaitu sebanyak 12 sosialisasi. Sosialisasi diadakan mulai dari pihak Perusahaa Jasa Titipan (PJT) hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain diadakannya sosialisasi dengan stakeholder, Bea Cukai Batam juga berupaya meningkatkan percepatan layanan dengan menambah jumlah pegawai Bea Cukai di Tempat Penimbunan Sementara.

Percepatan pelayanan barang kiriman harus terus ditingkatkan mengingat karakterisitik barang kiriman yang peka waktu dan rawan keluhan. Sehingga diperlukan komitmen untuk terus mendukung implementasi PMK 199 Tahun 2019 baik dari pihak Bea Cukai maupun Perusahaan Jasa Titipan untuk dapat memberitahukan (declare) jumlah, jenis dan nilai barang yang sesuai.

Bea Cukai Batam terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan terhadap barang kiriman baik melalui sosialisasi maupun peningkatan kompetensi pegawainya. Upaya tersebut tentunya memerlukan dukungan bukan hanya dari pihak Bea Cukai namun juga stakeholder.