Dukung Pembangunan Hanggar Baru, Bea Cukai Batam Adakan Audiensi Dengan Batam Aero Technic

Batam (27/10) – Bea Cukai Batam mengadakan audiensi dengan perusahaan Batam Aero Technic (BAT), yang bertempat di ruang rapat Galang, pada hari Selasa (27/10/2020). Pertemuan ini diselenggarakan terkait rencana pembangunan hanggar transit Batam Aero Technic. Perusahaan BAT ingin memahami lebih lanjut tentang proses kepabeanan dan cukai terkait pengiriman barang-barang konstruksi yang akan dimasukkan ke dalam Kawasan Bebas Batam.

Dalam rangka pembangunan hanggar tersebut, perusahaan BAT membutuhkan barang-barang kontruksi yang akan diimpor dari Inggris. Tujuannya perusahaan BAT membangun hanggar tersebut adalah untuk mendukung industri aviasi tanah air, mendorong efisiensi maskapai, serta meningkatkan devisa Negara.

“Rencana pembangunan hanggar transit ini diestimasikan akan mulai pada minggu ke-3 bulan Desember, dan ini adalah investasi yang sangat efisien.” ungkap Fredy Supriyadi, Manajer Ekspor Impor Perusahaan BAT.

Kepala Seksi Pabean dan Cukai I, Nanang Suko Sadono, yang juga turut menghadiri pertemuan ini menambahkan bahwa pemasukan dan pengeluaran barang ke kawasan bebas dapat dilakukan oleh pengusaha yang telah mendapat izin usaha dari Badan Pengusahaan Kawasan. Pengusaha tersebut wajib membuat dokumen pemberitahuan pabean ke Kantor Bea Cukai.

“Ada syaratnya yaitu pertama izin usaha dan kedua barang yang dikirim harus berkaitan dengan bidang usahanya dan tidak bisa dilakukan apabila tidak ada hubungannya sama bidang usaha Bapak,” ucap Nanang.

Rizki Baidillah, Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, yang merupakan moderator pada audiensi ini menyampaikan bahwa siap membantu dan mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan percepatan layanan kepada Batam Aero Technic.

Rizki juga memberikan apresiasi kepada perusahaan BAT dan bersama-sama akan memperjuangkan perekonomian nasional melalui penyerapan tenaga kerja lokal.