+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Pada tanggal 24 November 2015 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam mengadakan acara “CUSTOMS GOES TO CAMPUS” di Kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika). Acara yang dimulai dari pukul 08.30 ini dihadiri oleh 250 civitas akademika Unrika yang terdiri dari Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Dosen, Staf dan Mahasiswa.

Untitled-1

Bertempat di Aula Mini kampus Unrika, acara berlangsung semarak. Diawali dengan sambutan dari perwakilan Kepala Kantor KPU BC Batam, Ilman Najib, serta sambutan dari wakil rektor III, Bosar Hasibuan MM, sebagai perwakilan kampus Unrika. Customs Goes to Campus tahun ini mengambil tema “Mengenal Lebih Dekat Bea dan Cukai Batam”. Sebagai gambaran awal untuk para peserta mengenai KPU BC Batam, panitia menampilkan video profil KPU BC Batam yang menjelaskan lebih dalam mengenai keberadaan dan fungsi Bea dan Cukai di Batam.

Untitled-2

Selanjutnya, dilanjutkan dengan pengenalan Profil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) oleh Kepala Seksi Layanan Informasi, Ahmad Zakky Mawardi, bagaimana posisi DJBC sebagai bagian dari Kementerian Keuangan serta organisasi KPU BC Batam yang merupakan unit vertikal dari DJBC. Pemberian materi mengenai profil Bea dan Cukai ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada para peserta mengenai tugas pokok dan fungsi utama Bea dan Cukai sebagai instansi pemerintah yang berperan sebagai fasilitator perdagangan dan industri , menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat dari penyelundupan dan perdagangan illegal serta mengoptimalkan penerimaan negara di sektor Kepabeanan dan Cukai.

Untitled-3

Dilanjutkan materi kedua mengenai Kepabeanan yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pabean dan Cukai III, Dadik Widodo. Dalam kesempatan ini dijelaskan mengenai pengertian kepabeanan, barang bawaan penumpang, barang dagangan, definisi cukai, serta teknis pemasukan dan pengeluaran barang dari/ke dalam/luar kawasan bebas Batam. Selain pemberian materi, peserta juga diberikan waktu untuk bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan.

Untitled-4

Selanjutnya materi ketiga mengenai Penindakan dan Penyidikan (P2) yang diberikan oleh Kepala Seksi Intelijen II, Andrias Tulus Cahyono.  Materi P2 ini menjelaskan tentang bagaimana kerja Bea dan Cukai dalam melaksanakan pengawasan perbatasan baik di Pelabuhan Laut, Bandar Udara, maupun Patroli di Perairan Laut dengan armada kapal Bea dan Cukai.

Untitled-5

Setelah pemberian 3 materi tersebut selesai, acara dilanjutkan dengan pengenalan seragam Bea dan Cukai. Mulai dari Pakaian Dinas Upacara (PDU) yang digunakan saat Upacara, Pakaian Dinas Harian (PDH) terdiri dari PDH I dan PDH II yang masing-masing digunakan untuk melaksanakan tugas di kantor maupun di lapangan, Pakaian Dinas Lapangan (PDL) yang digunakan untuk kegiatan seperti patroli laut, dan Pakaian Dinas Khusus (PDK) yang digunakan untuk tugas-tugas khusus seperti CET (Customs Enforcement Team).

Untitled-6

Sesi berikutnya yaitu kuis dan pembagian doorprize bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan mengenai Bea dan Cukai. Begitu antusiasnya para peserta sehingga banyak yang tidak mendapat kesempatan menjawab.

Untitled-7

Setelah sesi kuis dan pembagian doorprize selesai, acara ditutup oleh MC dan doa bersama. Setelah itu, peserta diarahkan ke luar ruangan untuk acara terakhir yaitu penampilan anjing pelacak dari unit K-9 KPU BC Batam.

Untitled-8

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pembagian sertifikat sebagai kenang-kenangan bagi peserta yang telah melaksanakan kegiatan Customs Goes to Campus.

Untitled-9

Terima kasih Unrika, Unrika luar biasa!!

WhatsApp chat