Coffee Morning

Batam –   Rabu,   2   November   2016   Kantor   Pelayanan   Utama   Bea   dan   Cukai Tipe B Batam mengadakan Coffee Morning bersama para Pengusaha Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK). Sebanyak 100 perusahaan  diundang dalam acara ini. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam dengan para PPJK.

1

Sebelum   acara   ini   dimulai,   para   PPJK   dipersilahkan   untuk   menyantap  sarapan yang sudah disediakan terlebih dahulu. Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan berdoa dipimpin oleh pembawa acara.   Kemudian   acara dilanjutkan  dengan sambutan oleh Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan   Layanan   Informasi,   Bapak    Yosef   Hendriyansah.   Dalam    sambutannya,     Bapak   Yosef menyampaikan   bahwa   ketika   pengawasan yang dilakukan oleh Bea dan Cukai meningkat maka pelayanan   menjadi   kurang  cepat  dan  ketika pelayanan  terlalu cepat timbul pertanyaan sejauh mana   pengawasan   yang  dilakukan   oleh  Bea  dan  Cukai. Oleh karena itu, Bea dan Cukai harus menyeimbangkan tugasnya antara pengawasan dan pelayanan. Dibutuhkan kerja sama yang baik antara Bea dan Cukai dengan para pengusaha supaya tercapai keseimbangan tersebut.

2

Setelah   sambutan   oleh   Bapak   Yosef   Hendriyansah,  dilanjutkan  dengan penyampaian materi kepabeanan oleh Kepala  Bidang  Pelayanan Fasilitas Pabean dan Cukai I,  Bapak Boby Situmorang. Dalam penyampaian materi, Bapak Boby menekankan beberapa hal yang sering menjadi masalah dalam proses kepabeanan, yaitu salah satunya mengenai izin usaha.

Acara  dilanjutkan  dengan  diskusi bersama  yang dipimpin oleh Bapak Yosef dengan seluruh PPJK yang hadir pada acara ini. Dalam  diskusi para PPJK sangat aktif baik yang mengajukan pertanyaan ataupun yang memberikan pendapat sehingga terjadi tukar pikiran yang menghasilkan solusi yang baik untuk semua pihak.

3

Acara  selesai    dengan    diakhirinya    diskusi   bersama.   Diharapkan   komunikasi  antara  Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam dengan para PPJK semakin baik supaya kedua pihak saling mendukung dan bergotong royong untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang lebih baik.