Batam – Rabu, 2 November 2016 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam mengadakan Coffee Morning bersama para Pengusaha Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK). Sebanyak 100 perusahaan diundang dalam acara ini. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam dengan para PPJK.
Sebelum acara ini dimulai, para PPJK dipersilahkan untuk menyantap sarapan yang sudah disediakan terlebih dahulu. Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan berdoa dipimpin oleh pembawa acara. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, Bapak Yosef Hendriyansah. Dalam sambutannya, Bapak Yosef menyampaikan bahwa ketika pengawasan yang dilakukan oleh Bea dan Cukai meningkat maka pelayanan menjadi kurang cepat dan ketika pelayanan terlalu cepat timbul pertanyaan sejauh mana pengawasan yang dilakukan oleh Bea dan Cukai. Oleh karena itu, Bea dan Cukai harus menyeimbangkan tugasnya antara pengawasan dan pelayanan. Dibutuhkan kerja sama yang baik antara Bea dan Cukai dengan para pengusaha supaya tercapai keseimbangan tersebut.
Setelah sambutan oleh Bapak Yosef Hendriyansah, dilanjutkan dengan penyampaian materi kepabeanan oleh Kepala Bidang Pelayanan Fasilitas Pabean dan Cukai I, Bapak Boby Situmorang. Dalam penyampaian materi, Bapak Boby menekankan beberapa hal yang sering menjadi masalah dalam proses kepabeanan, yaitu salah satunya mengenai izin usaha.
Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama yang dipimpin oleh Bapak Yosef dengan seluruh PPJK yang hadir pada acara ini. Dalam diskusi para PPJK sangat aktif baik yang mengajukan pertanyaan ataupun yang memberikan pendapat sehingga terjadi tukar pikiran yang menghasilkan solusi yang baik untuk semua pihak.
Acara selesai dengan diakhirinya diskusi bersama. Diharapkan komunikasi antara Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam dengan para PPJK semakin baik supaya kedua pihak saling mendukung dan bergotong royong untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang lebih baik.