Capaian Janji Layanan Kantor Bea Cukai Batam melebihi 100%

Batam (14/01/2021) – Bea Cukai Batam memperlihatkan komitmen kinerjanya kepada pengguna jasa dalam memenuhi janji layanan dengan meningkatkan pelayanan prima. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya janji layanan Kantor Bea Cukai Batam dengan capaian melebihi 100% yang disampaikan dalam Dialog Kinerja Organisasi (DKO) di ruang Rapat Batam (11/01/21).

“terima kasih atas kerja sama yang baik dari petugas frontliner dan semua pihak yang terlibat, capaian janji layanan bulan Desember Tahun 2020 tercapai sebesar 113,97% dari target 100%,” ucap Susila Brata, Kepala Kantor Bea Cukai Batam.

Salah satu jenis layanan yang menjadi perhitungan capaian ini adalah layanan permohonan penimbunan barang untuk pemeriksaan fisik di luar Kawasan Pabean. Dalam periode Desember, layanan tersebut diperoleh data dengan total dokumen sebanyak 67 dokumen yang diselesaikan dengan tepat waktu dalam rata-rata waktu layanan 1,35 hari dari waktu janji layanan 3 hari kerja atau sekitar 116,5%.

Namun hal demikian, Bea Cukai Batam tidak berpuas diri melainkan melakukan perbaikan terus menerus dengan menyempurnakan aplikasi layanan berbasis web untuk menciptakan pelayanan prima kepada pengguna jasa. Beberapa aplikasi yang telah diluncurkan yaitu aplikasi CEISA FTZ, CEISA Manifest, ION Beta, dan CEISA Exsis.

Dalam rapat tersebut juga disampaikan bahwa Keputusan Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam tentang tentang Janji Layanan Kantor Bea Cukai Tipe B Batam dengan Nomor KEP-1090/KPU.02/2020 tanggal 30 Desember 2020 yang bisa diakses/diunduh di website Bea Cukai Batam (bcbatam.beacukai.go.id), dalam Keputusan tersebut rata-rata janji layanan menjadi lebih cepat satu hari dibanding Keputusan yang sebelumnya atau efisiensi sekitar 20%.

Ke depannya, Bea Cukai Batam akan terus berupaya mengembangkan platform digital yang dapat memberikan manfaat dan kemudahan kepada para pengguna jasa dengan mengedepankan unsur transparansi, profesionalisme, efektif dan efisien.