BPS Bersama Bea Cukai Batam Kunjungi Perusahaan, Tinjau Pengelolaan Data Demi Statistik yang Semakin Akurat

Kunjungan BPS dan Bea Cukai Batam Ke Batam Teknik

Batam (28/10) – Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Bea Cukai Batam mengunjungi tiga perusahaan di Kota Batam pada Kamis, 28 Oktober 2021. Kunjungan tersebut dilakukan BPS dalam rangka meninjau proses bisnis pengelolaan data ekspor dan impor di perusahaan.

Tiga perusahaan yang dikunjungi tersebut meliputi PT Sat Nusapersada, Tbk., PT Pegatron Technology Indonesia, serta PT Batam Teknik.

Kunjungan tersebut diikuti oleh Efliza selaku Direktur Statistik Distribusi BPS beserta jajaran, Rahmad Iswanto selaku Kepala BPS Batam, Misnawi selaku Kepala Seksi Manajemen Kualitas Data Direktorat Informasi Kepabenan dan Cukai, serta Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan BC Batam Zulfikar Islami.

Dalam sambutannya saat berkunjung ke PT Pegatron Technology Indonesia, Efliza menyampaikan,

“Kami di sini perlu mengonfirmasi beberapa hal, karena Direktorat kami itu menangani penyusunan statistik perdagangan luar negeri, jadi kami menangani data ekspor-impor. Data ekspor-impor ini pada akhirnya akan digunakan untuk menghitung economic growth Indonesia.” jelasnya.

Akses terhadap data yang semakin mudah berkat layanan yang telah terotomasi serta sinergi antara instansi pemerintah dengan pengusaha diharapkan dapat mendorong tercapainya pengelolaan data statistik yang semakin akurat ke depannya.

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengambilan kebijakan yang strategis demi Indonesia Maju Indonesia Tumbuh.