Bersama Kita Lawan Korupsi

Batam (10/12/19) – Bea Cukai Batam mengadakan Sharing Session dalam rangka Hari Anti Korupsi 2019 yang tahun ini mengangkat tema “Bersama Melawan Korupsi Wujudkan Indonesia Maju”. Sharing Session ini diikuti oleh pejabat dan pegawai Bea Cukai Batam dan PSO BC Batam dengan menghadirkan narasumber Koordinator Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Handayani. Kegiatan dilakukan untuk memberikan edukasi terkait korupsi di Indonesia, bagaimana korupsi terjadi, kasus-kasus korupsi, dan langkah pemerintah dan KPK dalam memberantas korupsi.

Acara dibuka oleh Setyadi Cahyadi, Kepala Bidang Kepatuhan Internal yang mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak melakukan tindakan korupsi sesuai dengan amanat Presiden saat pelantikan. “Jangan korupsi, ciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi” ujar Setyadi. Diharapkan juga kepada seluruh jajaran Bea Cukai Batam tetap menjaga integritas dan saling bahu membahu memberantas korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Handayani. “Memberantas korupsi bukan hanya tugas KPK, tapi juga tugas semua elemen bangsa” ujarnya. Dengan memberikan teladan, minimal memberikan edukasi kepada keluarga, rekan kerja, tetangga juga merupakan langkah kecil membantu pemerintah dalam memberantas korupsi. Handayani juga menyampaikan pada tahun 2018 IPK (Indeks Persepsi Korupsi) Indonesia mendapat skor 38, mendapat peringkat 89 dari 180 negara, dan peringkat 4 se-ASEAN. Maka, diharapkan seluruh masyarakat khususnya pegawai Bea Cukai Batam dapat terlibat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Diakhir acara diumumkan pemenang lomba yang diadakan dalam rangka memperingati Hakordia 2019, seperti: lomba fotografi, lomba essai, dan lomba desain pin integritas. Acara ditutup dengan penampilan dari Teh O Band.