Bea Cukai Batam Sambut dan Berikan Pengarahan Kepada Pegawai On The Job Training, “Siap, Saya Bea Cukai Batam!”

Batam (05/01) – Bea Cukai Batam melaksanakan pengarahan Pegawai Baru On The Job Training (OJT) tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam pada Selasa (05/01). Kegiatan dilakukan guna menyambut dan memberikan pemahaman kepada pegawai OJT mengenai perannya sebagai calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Sebanyak 25 orang pegawai OJT yang berasal dari Program Diploma III dan Diploma I Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menerima pengarahan yang diberikan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Batam.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata memulai arahan dengan menanyakan terlebih dahulu identitas dan asal dari para pegawai OJT.

“Walaupun kalian berasal dari berbagai macam latar belakang asal dan suku budaya yang berbeda-beda, kalian disini harus memiliki identitas, kalau ditanya ‘Siapa Kalian?’, jawabnya ‘Siap, Saya Bea Cukai Batam’ ujar Susila Brata.

Susila Brata juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugasnya, para pegawai OJT harus senantiasa mengamalkan Pancasila, Nilai Kementerian Keuangan (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan), dan Sikap Dasar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yaitu Jujur, Korsa, Loyal, Inisiatif, dan Korektif.

Salah satu poin dalam Nilai Kementerian Keuangan yang dijabarkan yaitu “Pelayanan”.

“Kita sebagai seorang ASN bertugas untuk melayani masyarakat dengan bersungguh-sungguh.” Jelas Susila.

Ditegaskan juga dalam Sikap Dasar DJBC pada poin “Korsa”, pegawai OJT diharapkan dapat memiliki nilai kebersamaan yang positif satu dengan yang lain, saling membantu dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Susila juga menyampaikan pentingnya memiliki sikap loyal bagi pegawai dilingkungan DJBC

“Pegawai Bea Cukai harus loyal kepada atasan, loyal pada pimpinan dan loyal pada institusi. Strata yang terbentuk bukan untuk membentuk iklim feudal, namun menegaskan bahwa dalam institusi bea cukai terdapat rantai komando, untuk menimbulkan sifat hormat dan loyal.” jelas Susila.

Di akhir acara, Susila menyampaikan ucapan selamat datang kepada para pegawai OJT, tetap semangat dan terus menjaga kekompakannya.