Bea Cukai Batam Raih 2 Penghargaan dalam Peringatan Hari Oeang Ke-74

Batam (1/11/2020) – Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-74 dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Bea Cukai Batam turut berpartisipasi  dan berhasil meraih Juara Pertama Lomba Baca Puisi dan Juara Ketiga Lomba Vlog HORI 74. Juara Lomba diumumkan pada acara Family Gathering secara daring, Sabtu (31/10).

Juara Pertama Lomba Baca Puisi diraih oleh Undani, selaku Kepala Seksi Layanan Informasi. Puisi yang dibacakan berjudul “Biar Kami Saja!” karya Undani yang menceritakan tentang pengabdian para pegawai Bea Cukai dan segala tantangan yang dihadapi dalam mengabdi kepada negeri. Puisi ini berpesan kepada para pegawai agar senantiasa melakukan tugas dengan kesungguhan dan kecintaan.

“Di manapun dan siapapun kita, setiap orang punya peran yang berbeda dengan tantangan dan rintangan serta  risiko yang berbeda pula. Namun, jika dilakukan dengan kesungguhan dan kecintaan akan bisa melaluinya.” ungkap Undani.

Undani manambahkan puisi ini terinspirasi dari pengalaman baik pribadi maupun rekan-rekan selama dalam perjalanan karir di tempat yang berbeda-beda.

Dalam menulis puisi yang baik, beliau menyampaikan untuk lakukan dengan kesungguhan dan sukacita, proses kreatif sering muncul ketika sedang bersama-sama merumuskan. Mendengarkan setiap saran dan masukan dan tidak ragu untuk tetap mencoba hal baru juga merupakan hal yang penting dalam menghasilkan sebuah karya.

“Ini tentang kami, menapaki jalan bersama. Saling genggam wujudkan cita-cita. Karena pada akhirnya cinta dan kesungguhanlah yang jadi juara. Terima kasih atas segala dukungan dan penghargaan dari atasan, rekan-rekan, dan Tim Kreatif di BKLI.” pungkasnya.

Bea Cukai Batam mengirimkan 3 perwakilan dalam Lomba Baca Puisi. Selain Undani, Lomba Baca Puisi juga diikuti oleh Nanda Marlina dan Frima C. Tuasela, pegawai pada Seksi Layanan Informasi dan Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Batam.

Selain itu, Juara Ketiga Lomba Vlog HORI 74 berhasil diraih oleh Arif Purwoko, pegawai di Seksi Layanan Informasi. Vlog yang dibuat berisi bagaimana kita sebagai masyarakat dapat mendukung pemulihan ekonomi negara di masa pandemi dengan hal yang sederhana.

“Sebenarnya tidak ada kiat khusus supaya bisa menang dan tidak dipungkiri masih banyak sekali kekurangan saya dalam membuat video. Hanya saja saya memang mencintai bidang yang saya lakoni sekarang dan mencoba sedetail dan serapi mungkin dalam mengerjakan setiap video.” ungkap Arif ketika ditanya mengenai kiat apa saja yang dilakukan agar bisa meraih juara.

Selain kedua lomba tersebut, Bea Cukai Batam juga turut berpartisipasi dalam Lomba Tari yang diikuti oleh Annissa Abrar dan Veni Mellinia, pegawai di Seksi Layanan Informasi dan Seksi Bimbingan Kepatuhan.