+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Indah sekali kulit rusa,
Bermain di taman berbatu-batu.
Kasih Ibu sepanjang masa,
Takkan musnah ditelan waktu

Kasih Ibu memang takkan musnah ditelan waktu tapi eeiiitss…. kalo arsip harus musnah dong kalau sudah waktunya.

Batam (12/12) – Hari ini Bea Cukai Batam melaksanakan pemusnahan arsip yang terdiri dari 5.688 bundel arsip substantif dan 149 bundel arsip fasilitatif. Pemusnahan dilakukan terhadap dokumen yang sudah melampaui jangka waktu penyimpanan pengelolaan kearsipan dan sudah tidak memiliki nilai guna.

Acara dibuka oleh Susila Brata, Kepala Kantor dengan mengundang Wahjudi Adrijanto, Kepala Bagian Umum Sekretariat DJBC bersama tim di Ruang Rapat Batam, KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Pemusnahan arsip ini juga merupakan salah satu cara suatu instansi negara untuk menjaga kerahasiaan dokumen dan informasi-informasi penting lainnya. Selain itu pemusnahan juga dilakukan untuk menghemat penggunaan prasaran atau tempat penyimpanan arsip.

Selanjutnya, seluruh rombongan pejabat dan perwakilan pegawai yang mengikuti acara pemusnahan arsip menuju ke PT. Octavia Mandiri, Tanjung Sengkuang untuk melaksanakan dan menyaksikan pemusnahan arsip. Pelaksanaan pemusnahan arsip ini dilakukan atas kerjasama dengan pihak ketiga dengan cara dipress yang kemudian akan dijual, yang mana hasil penjualan atas barang tersebut akan disetorkan ke kas negara dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selain dengan cara tersebut di atas, pemusnahan arsip bisa juga dilakukan dengan dibakar, dikubur, pulping, dihancurkan dengan menggunakan bahan kimia, atau cara lain yang memenuhi kriteria pemusnahan. Acara ditutup dengan penandatangan Berita Acara Pemusnahan.

WhatsApp chat