Bea Cukai Batam Launching Aplikasi ‘BIOLA’, Berikan Layanan Informasi Yang Semakin Terbuka

Batam (18/12) – Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata, meresmikan peluncuran aplikasi ‘BIOLA’ (Bea Cukai Batam Information Online Apps) pada Selasa (15/12) bertepatan dengan perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia Bea Cukai Batam. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh Subbagian Dukungan Teknis yang  memuat berbagai informasi Bea Cukai Batam.

Berbagai informasi tersedia dalam aplikasi ini. Informasi tersebut diantaranya realisasi penerimaan, video kepabeanan dan cukai, e-book peraturan kepabeanan dan cukai, kalkutator pabean, BTKI, dan lain sebagainya. Realisasi penerimaan disajikan dalam bentuk grafik interaktif yang berisi total penerimaan bea masuk, bea keluar, dan cukai yang dirinci setiap bulannya.

“Ini (aplikasi) murni buatan Bea Cukai, tidak menggunakan pihak ketiga. Aplikasi di android yang nanti bisa di download dan itu nanti fiturnya terbuka. Jadi Bapak/Ibu sekalian bisa memonitor Bea Cukai ini kerjanya seperti apa, salah satunya seperti itu.” jelas Susila Brata dalam sambutannya.

Aplikasi ‘BIOLA’ juga menyediakan Bea Cukai Batam Integrity Online Apps, sebuah aplikasi yang dikelola oleh Bidang Kepatuhan Internal yang berguna untuk membuat laporan terkait gratifikasi yang dialami pegawai atau pengguna jasa. Selain layanan pembuatan laporan juga terdapat berbagai fitur lainnya seperti pencarian laporan, media informasi anti korupsi, dan perpustakaan e-book anti korupsi.

Peluncuran aplikasi ini yang bertepatan dengan perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia Bea Cukai Batam diharapkan dapat menambah semangat para pegawai dalam melawan praktik korupsi di lingkungan KPU Bea dan Cukai Batam.

Bea Cukai Batam sangat berperan aktif dalam rangka pencegahan korupsi dan akan menindak dengan tegas setiap praktik korupsi di lingkungan KPU Bea dan Cukai Batam dan Pangsarop Bea dan Cukai Batam.

Selain peluncuran aplikasi ‘BIOLA’ Bea Cukai Batam sebelumnya telah menambahkan beberapa fitur dalam Aplikasi ION Beta. Fitur baru tersebut meliputi fitur Pelayanan Olah Gerak, Pelayanan Boatzoeking, dan Permohonan Pembukaan Segel. Fitur baru ini dibuat dalam rangka simplifikasi prosedur dan memangkas biaya. Dengan fitur ini, pengguna jasa tidak perlu datang ke kantor dan mengajukan permohonan dengan hardcopy.

Bea Cukai Batam terus berupaya mengembangkan platform digital yang dapat memberikan manfaat dan kemudahan kepada para pengguna jasa

Aplikasi ‘BIOLA’ akan segera hadir di Google Play Store pada Januari 2021. Nantika informasi selanjutnya melalui media sosial Bea Cukai Batam.