Bea Cukai Batam Lakukan Sosialisasi Pengendalian IMEI kepada Media Massa di Batam

Batam, 12 Mei 2020

Sosialisasi mengenai pemberlakuan pengendalian IMEI kembali dilakukan oleh Bea Cukai Batam. Sama halnya dengan sosialisasi IMEI sebelumnya, sosialisasi ini masih bersifat online.

Berbeda dengan sosialisasi sebelumnya, pada kali ini yang menjadi peserta sosialisasi adalah perwakilan-perwakilan media massa di Kawasan Bebas Batam.

“Kami harapkan teman-teman media bisa menjadi corong informasi bagi masyarakat, sehingga informasi dapat tersampaikan dengan maksimal.” – ujar Sumarna saat membuka sosialisasi ini.

Selain membahas mengenai pengendalian IMEI yang mulai berlaku sejak 18 April 2020, pada kesempatan kali ini Nanang selaku Kepala Seksi Pabean dan Cukai di Kantor Bea Cukai Batam juga menyampaikan aturan mengenai peraturan larangan pembatasan barang penumpang dan barang kiriman berupa Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka mencegah penyebaran wabah COVID19 di lingkungan masyarakat.

“Presiden memberikan mandate kepada BNPB untuk melakukan percepatan layanan berupa pemasukan (impor) barang-barang yang berkaitan dengan penanggulangan wabah COVID19, sehingga dalam hal ini bea cukai yang akan membantu melaksanakan mandat tersebut.” – kata Nanang.

Harapan dari diadakannya sosialisasi mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah yang baru kepada perwakilan media massa yang ada di Batam adalah untuk membantu masyarakat khususnya yang berada di Batam  agar dapat memperoleh informasi secara cepat dan akurat dan juga untuk menciptakan budaya penyampaian informasi melalui media massa yang sehat dan bebas dari hoax.