Bea Cukai Batam Konsisten Percepat Waktu Penyelesaian Proses Kepabeanan Barang Kiriman

Batam (12/3) – Waktu penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman di Batam semakin cepat. Pada bulan Februari Bea Cukai Batam berhasil menyelesaiakan proses kepabeanan barang kiriman dengan rata-rata 0,44 hari per kiriman. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai II, P. Dwi Jogyastara pada Dialog Kinerja Organisasi (10/3).

Waktu penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman pada bulan Februari lebih cepat jika dibandingkan dengan bulan Januari yaitu dengan waktu 0,49 hari per kiriman. Selain itu, proses penyelesaian barang kiriman pada bulan Februari melampaui jauh lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan yaitu 1,58 hari per kiriman.

“Waktu penyelesaian barang kiriman pada bulan Januari hingga Februari tahun 2021 memang sangat jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan target tahunan. Semoga hal ini bisa konsisten kita lakukan di bulan-bulan selanjutnya,” ungkap Dwi.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Bea Cukai Batam tetap konsisten memberikan pelayanan yang terbaik terkait pelayanan barang kiriman. Pada bulan Februari terdapat 435.161 dokumen yang dilayani. Dari angka tersebut terdapat 425.533 dokumen yang masuk jalur hijau dan 9.628 yang masuk jalur merah.

Bea Cukai Batam akan terus berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman. Selain itu juga sistem otomasi penyelesaian barang kiriman akan terus dikembangkan dan ditingkatkan. Dengan demikian pada pelaku industri di Batam bisa berkembang dengan cepat di era industri 4.0 ini.