Bea Cukai Batam Komitmen Dukung Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kota Batam

Batam, (30/09/2020). Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan Zulfikar Islami sampaikan komitmen Bea Cukai untuk mendukung tugas Satgas Penanganan COVID-19. Hal tersebut disampaikan oleh Zulfikar dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di Ruang Rapat Lt. 4, Gedung Utama Pemerintah Kota Batam, Rabu (30/09/2020).

“Kami sampaikan Bapak/Ibu sekalian, Bea Cukai senantiasa mendukung tugas Satgas COVID-19. Berdasarkan data, Bea Cukai Batam telah menerbitkan 7 Keputusan Menteri Keuangan (KMK) yang ditanda-tangani Kepala Bea Cukai Batam. KMK tersebut terkait pemberian fasilitas pembebasan barang-barang keperluan penanganan COVID-19 yang dikirim ke daerah Indonesia lainnya melalui Batam dengan nilai transaksi hingga 8,3 miliyar rupiah,” kata Zulfikar.

Pemberian fasilitas tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34 Tahun 2020 tentang Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi COVID-19.

Zulfikar menambahkan ada beberapa perubahan aturan terkait pemberian fasilitas tersebut. Perubahan dilakukan karena mempertimbangkan produksi barang keperluan penanganan COVID-19 dalam negeri sudah memenuhi kebutuhan nasional.

“Menimbang produksi APD (masker, hand sanitizer, desinfektan, dan pakaian pelindung jenis tertentu) dalam negeri yang sudah memenuhi kebutuhan nasional dan untuk melindungi industri dalam negeri, maka Kemenkeu mengeluarkan PMK 83 Tahun 2020. Namun untuk Batam karena sudah bebas bea masuk dan pajak dalam rangka impor, maka fasilitas yang diberikan ialah dengan mengganti kewajiban pemenuhan lartas menjadi izin rekomendasi BNPB,” tambah Zulfikar.

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam Syamsul Bahrum menyampaikan terima kasih atas dukungan Bea Cukai Batam terkait fasilitas yang telah diberikan. Selanjutnya Syamsul menyampaikan kepada jajaran Pemko Batam untuk meninjau ketersediaan barang-barang keperluan penanganan COVID-19.

“Mengingat aturan fasilitas ini ada perubahan. Maka tolong jajaran Pemko Batam untuk selalu cek ketersediaan barang, distribusinya, harga, dan juga terus lakukan koordinasi dengan instansi terkait, sehingga kita bisa maksimalkan dalam penanganan COVID-19 di Batam ini,” ucap Syamsul.