Bea Cukai Batam Kawal Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau 2021

Batam (2/02) Kementerian Keuangan telah resmi membagikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau untuk tiap tiap Pemerintah Daerah. Bea Cukai berupaya mengoptimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil tembakau (DBH CHT) dengan bersinergi  bersama Pemda Kepulauan Riau. Pada kesempatan ini, tempat utama pelaksanaan program sinergi ini adalah Kota Batam.

Bea Cukai Batam melakukan kunjungan ke BP2RD Provinsi Kepri, sebagai langkah awal koordinasi penyelenggaraan kegiatan dengan menggunakan DBH CHT, pada Kamis, 21 Januari 2020.

“Kunjungan pertama ini guna untuk menyinkronkan program yang akan dijalankan antara Pemda Kepri dan Bea Cukai Batam, sehingga penggunaan DBH CHT secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Rizki Baidillah selaku Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi dalam kata sambutan.

Pemerintah Daerah melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) menyambut kedatangan Bea Cukai Batam dengan terbuka dan memandang sama terkait Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Tahun 2021.

“Kolaborasi ini berlandaskan atas kebaikan bersama dan kepentingan bersama. Ke depan kita secara bersama akan menyusun rancangan program dan aksi bersama untuk menyatukan pandangan sehingga DBH CHT yang didapat bisa menjadi lebih besar dan sesuai terhadap penerimaan yang diberikan,” jelas Fajar Fauzi selaku Kasubbid Penerimaan Retribusi Daerah dan lain-lain.

Berdasarkan PMK 7/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, terdapat tiga bidang yang didanai dengan DBH CHT, yaitu

  • Kesejahteraan Masyarakat dengan alokasi dana 50%
  • Penegakan Hukum dengan alokasi dana 25%
  • Kesehatan dengan alokasi dana 25%

Konsentrasi Bea Cukai adalah di bidang penegakan hukum, yaitu dengan melakukan sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan BKC illegal. Dengan dukungan dari Pemerintah Daerah khususnya di Kota Batam, maka ke depannya akan diselenggarakan sosialisasi ketentuan di bidang cukai di beberapa wilayah Kota Batam, serta terus dilakukan pengumpulan informasi tentang peredaran rokok ilegal dan secara bersama-sama melaksanakan operasi pasar bersama dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal.