Bea Cukai Batam Gelar Rapat Koordinasi Dengan 8 Instansi, Perkuat Pengawasan Pelabuhan di Batam

Batam (15/09/2021) – Bea Cukai Batam menggelar Rapat Koordinasi bertajuk Pengawasan Pelabuhan di Kawasan Bebas Batam yang diselenggarakan pada Rabu, 15 September 2021.

Rapat tersebut dihadiri oleh 8 instansi yang terdiri dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, Dinas Perhubungan Kota Batam, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Komando Distrik Militer (Kodim) Batam, Dit. Polairud Polda Kepri, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Polresta Barelang, dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam.

Materi terkait pengawasan pelabuhan yang dipaparkan dalam rapat koordinasi kali ini meliputi wilayah pengawasan, sarana dan prasarana pengawasan, urgensi pengawasan, dan upaya-upaya serta langkah-langkah perbaikan pengawasan pelabuhan di Batam.

Rapat kali ini juga menjadi wadah untuk mengidentifikasi dan memetakan masalah-masalah apa saja yang kerap ditemui di pelabuhan agar dapat dicarikan solusinya.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, menyampaikan,

“Mudah-mudahan kita dapat meneruskan forum-forum seperti ini, untuk bertukar informasi, koordinasi, sinkronisasi, administrasi, dan juga tindakan-tindakan yang lebih clear seperti operasi bersama di perairan dan sebagainya”.

Rapat Koordinasi Pengawasan Pelabuhan di Kawasan Bebas Batam ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi antar instansi yang terlibat dalam pengawasan pelabuhan.