Bea Cukai Batam Gandeng Bank Mandiri Berikan Kemudahan Pembayaran pada Platform BLE

Batam (29/01) – Platform National Logistic Ecosystem (NLE) dan Batam Logistics Ecosystem (BLE) memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan jasa logistik secara online dan real time. Tak hanya itu, platform NLE juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran atas jasa logistik yang didapatkan. Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea Cukai bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam memberikan layanan pembayaran pada platform NLE.

Kemudahan pembayaran jasa logistik oleh Bank Mandiri melalui platform NLE ini dipaparkan dalam Focus Group Discussion (FGD) Kolaborasi G2B2B dengan Private Sector yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (28/01).

Bank Mandiri menyediakan mekanisme pembayaran dalam metode splitting, di mana pelaku usaha hanya perlu melakukan  pembayaran satu kali atas seluruh layanan yang didapatkan dari penyedia jasa logistik (service provider).Pemisahan (splitting) dan disburse dana kemudian dilakukan secara sistem melalui Bank Mandiri kepada masing-masing service provider.

Asst. Vice President Transaction Banking Wholesale Group Bank Mandiri, Rizcky Chandrasanjaya menyampaikan,
“Mekanisme splitting ini baru kita jalankan di (platform) NLE Bapak/Ibu, jadi ini betul-betul inovasi baru, dan dengan inovasi NLE ini kita bisa langsung credit-kan ke rekening masing-masing service provider.” Ujarnya.

Pelaku usaha cukup mengakses platform NLE dan memilih layanan dari sercive provider. Pelaku usaha kemudian akan mendapatkan nomor Mandiri Virtual Account dan dapat melakukan pembayaran melalui semua channel bank.

Mekanisme ini tentunya sama-sama memudahkan kedua pihak, baik pelaku usaha maupun service provider. Service provider dapat langsung menerima dana secara real time dan pelaku usaha juga dapat segera mendapatkan layanan logistik dari service provider.

Informasi selengkapnya terkait Pembayaran Jasa Logistik Melalui Platform NLE DJBC dapat disaksikan dalam Focus Group Discussion (FGD) Kolaborasi G2B2B dengan Private Sector melalui tautan berikut: