Bea Cukai Batam Dukung Penuh Percepatan Distribusi Oksigen dari Batam untuk Pulau Jawa

Batam (6/7) – Di tengah kondisi pandemi yang kembali meningkat, Bea Cukai Batam dan PT Samator Gas Industri perkuat asistensi untuk pendistribusian oksigen dari Batam ke Pulau Jawa. Hal tersebut menjadi fokus utama dalam kegiatan Customs Visit Customer (CVC) yang dilaksanakan melalui daring pada Selasa, (6/7).

Melihat kebutuhan oksigen yang meningkat lima kali lipat di Pulau Jawa, PT Samator Gas Industri yang menjadi produsen oksigen murni di Batam berharap mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Saat ini PT Samator Gas Industri hanya mendistribusikan oksigen murni ke wilayah Kepulauan Riau. Rencananya oksigen murni tersebut akan didistribusikan ke Pulau Jawa.

“Kita punya rencana untuk membawa produk keluar dari Batam dan dikirim ke Pulau Jawa. Jika semula 70% s.d. 80% produk kami didistribusikan untuk industri dan 20% s.d. 30% untuk keperluan medis, rencananya akan kami balik,” – ucap Ferryawan Utomo, Direktur PT Samatro Gas Industri

Bea Cukai Batam mendukung penuh rencana tersebut sekaligus untuk memenuhi misi kemanusiaan di tengah pandemi COVID-19. Dengan tetap memperhatikan proses kepabenan yang berlaku, Bea Cukai Batam akan menangani proses pengeluaran barang dengan memberikan fasilitas percepatan pengeluaran. Administrasi dokumen kepabeanan dan perizinan larangan dan pembatasan akan tetap diperhatikan.

Hal ini bukanlah kali pertama PT Samator Gas Industri berurusan dengan Bea Cukai Batam. Proses bisnis yang sudah dilakukan ketika mendistribusikan oksigen dari Batam ke Bintan akan sama dengan proses yang harus ditempuh ketika akan mendistribusikan oksigen dari Batam ke Pulau Jawa. Hanya saja dalam hal ini Bea Cukai Batam akan melakukan evaluasi untuk menghindari kendala yang dapat menghambat proses percepatan pengeluaran oksigen tersebut.

“Kami akan mendukung penuh proses pendistribusian oksigen untuk masyarakat yang ada di Pulau Jawa, mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang semakin tinggi, kebutuhan oksigen juga semakin dibutuhkan oleh pihak rumah sakit,” – ucap Zulfikar Islami, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan.

Pendistribusian oksigen murni ke Pulau Jawa diharapkan mampu membantu tenaga medis dalam menangani pasien pengidap COVID-19 di Indonesia. Komunikasi dan koordinasi antara Bea Cukai Batam dan PT Samator Gas Industri menjadi kunci utama dalam pelaksanaan pendistribusian oksigen dari Batam ke Pulau Jawa.