+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Dalam mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru di Batam, Bea Cukai Batam lakukan kunjungan lapangan ke PT Taman Resor Internet (TAMARIN) sebagai pengelola Nongsa Digital Park (NDP). Kunjungan ini bertujuan untuk membuka forum diskusi antara pengusaha dengan Bea Cukai Batam yang memiliki kewenangan dalam bidang Kepabeanan dan Cukai terkait fasilitas yang diperoleh KEK.

NDP berada di Kawasan Wisata Pantai Nongsa Batam seluas 166,45 hektare dengan total investasi sebesar 16 triliun rupiah. Pembangunan KEK ini ditargetkan akan menjadi penggerak roda perekonomian daerah. Tak hanya pariwisata, sesuai namanya yaitu Nongsa Digital Park, KEK baru ini juga menjadi lokasi pengembangan industri digital yang akan banyak menyerap tenaga kerja milenial sebagai talenta muda yang kreatif di bidang animasi dan perfilman. Di dalam wilayah KEK baru juga terdapat penginapan mewah, lapangan golf, studio animasi dan taman wisata pantai.

“KEK ini nantinya akan menjadi wilayah pengembangan pariwisata Batam berbasis teknologi, seperti penggabungan antara KEK Singhasari di Malang dan KEK Mandalika.” – kata Peter Vincen Direktur PT TAMARIN

Pembangunan KEK baru ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2039 melalui 3 tahap pembangunan yang dimulai sejak tahun 2020. Infrastruktur seperti jaringan telekomukasi, air bersih dan listrik yang baik juga telah disiapkan guna menjadi KEK percontohan dalam skala nasional.

WhatsApp chat