Bea Cukai Batam dan KSOP Batam Tingkatkan Koordinasi Terkait Implementasi BLE

Batam, (24/09/2020). Bea Cukai Batam sebagai inisiator Batam Logistic Ecosystem (BLE) melakukan kunjungan ke KSOP Batam, Rabu (23/09/2020). Kunjungan tersebut untuk berkoordinasi dan mengevaluasi terkait implementasi BLE. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala Seksi Layanan Informasi Undani, Kepala Seksi Administrasi Manifes Wahyu Setiaji, dan Kepala Seksi Pabean dan Cukai II Isa Ramadhan.

Sanggam Marihot selaku Kepala KSOP Batam menerima langsung rombongan Bea Cukai Batam. Sanggam didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut serta Tata Kelola Kepelabuhanan Rudi Abisena dan Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Tohara.

“Terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Bea Cukai Batam ke KSOP. Ini sebuah inisiatif yang bagus dari Bea Cukai untuk proaktif melakukan kunjungan ke instansi yang berhubungan dengan BLE seperti KSOP. Kesempatan yang baik ini bisa kita maksimalkan untuk saling bertukar informasi dan bisa saling memahami tusi, sehingga nantinya implementasi BLE bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, khususnya untuk penataan logistik di Batam. Kami sangat mendukung adanya BLE,” tutur Sanggam Marihot dalam pembukaannya.

Kepala Seksi Layanan Informasi Undani menyampaikan bahwa Bea Cukai Batam dan KSOP Batam adalah dua unsur penting yang berkaitan dengan kegiatan logistik di Batam, untuk itu menurutnya koordinasi ini penting dilakukan agar tercipta sinergi yang baik.

“Kunjungan ini kami harapkan dapat menjadi kesempatan kami untuk makin memahami tugas dan fungsi dari KSOP. Sehingga nantinya dalam implementasi BLE tidak hanya dapat memuaskan publik, namun juga tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku,” pungkas Undani.

BLE sebagai bagian dari National Logistic Ecosystem (NLE) merupakan upaya pemerintah pusat dalam memulihkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19. BLE adalah suatu platform yang dikembangkan dalam rangka penataan logistik di Batam dan diharapkan BLE dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya. Dalam proyeksinya, BLE akan mengintegrasikan berbagai entitas pemerintahaan dan pelaku usaha.