Bea Cukai Batam Catat Rata-rata Waktu Penyelesaian Layanan Barang Kiriman Sebesar 0.8 Hari

Batam (13/11) – Bea Cukai Batam terus berupaya memberikan pelayanan dan pengawasan yang optimal dalam proses pemasukan dan pengeluaran barang kiriman. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Susila Brata selaku Kepala Kantor Bea Cukai Batam saat melaksanakan kegiatan Dialog Kinerja Organisasi (DKO).

Kegiatan DKO tersebut dilaksanakan di ruang rapat Batam untuk membahas capaian kinerja Bea Cukai Batam periode Oktober 2020, Selasa (10/11).

Dwi Jogyastara, Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai (PFPC) II, menyampaikan bahwa rata-rata waktu penyelesaian proses kepabeanan barang kiriman pada bulan Oktober sebesar 0.8 hari dari target sebesar 1.6 hari, dengan jumlah dokumen Consignment Note/CN yang dilayani sebanyak 633.746 CN. Hasil tersebut merupakan waktu layanan tercepat selama tahun 2020 ini.

Peningkatan percepatan layanan barang kiriman ini tidak lepas dari upaya Bea Cukai Batam untuk membuktikan komitmen Bea Cukai dalam mendukung implementasi PMK 199 Tahun 2019. Dari menggencarkan sosialisasi barang kiriman, penambahan petugas Bea Cukai di TPS, hingga dilaksanakannya rapat untuk mengulas proses bisnis barang kiriman.

“hasil ini merupakan sinergi kita bersama dan semua pihak yang terlibat seperti PJT, market place, hingga pengirim barang yang sudah menjalani aturan ini dengan baik” tambah Dwi.

Namun demikian, Bea Cukai Batam tidak cepat berpuas diri, melainkan akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan pelayanan yang prima dalam rangka mendukung industri dan memfasilitasi perdagangan.