Bea Cukai Batam Berhasil Raih Peringkat 3 Atas Kinerja Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat DJBC Se-Indonesia

Batam, (4/3/2021). Bea Cukai Batam kembali torehkan prestasi, kali ini berhasil menjadi Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) Terbaik III atas kinerja penyusunan Laporan Keuangan dari 141 Satuan Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Tahun Anggaran (TA) 2020.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari proses sepanjang tahun, karena laporan keuangan tidak bisa selesai dengan baik jika disusun hanya dalam waktu satu malam saja,” ungkap Kepala Subbagian Keuangan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Yusup Mahrizal, Kamis (4/3/2021).

Yusup menjelaskan kriteria penilaian kinerja dalam penyusunan Laporan Keuangan UAKPA adalah dari kecepatan penyampaian data, kelengkapan isi dan penjelasan rinci data yang disampaikan, dan penyusunan Laporan Keuangan UAKPA yang informatif.

“Data yang disajikan dalam Laporan Keuangan Tingkat UAKPA KPU BC Tipe B Batam terdiri dari realisasi penerimaan negara, realisasi belanja negara, serta pengungkapan aset, kewajiban, ekuitas, dan data lain yang perlu disajikan dalam Laporan Keuangan,” jelas Yusup.

Ia menambahkan bahwa penyajian data yang sesuai dan lengkap pada laporan keuangan akan mendukung tercapainya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), baik di tingkat Satuan Kerja (Satker) sampai dengan tingkat Kementerian.

“Dengan penghargaan ini, semoga dapat mendorong Bea Cukai Batam untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan sehingga mampu mencapai prestasi yang lebih baik lagi,” tutup Yusup.