Bea Cukai Batam Bekerjasama Dengan Disperindag Guna Mendorong IKM Untuk Terus Maju

Batam, 27/02/2020 – Bea Cukai Batam kali ini menjadi narasumber dalam acara sosialisasi terkait Pemasaran Produk melalui Sentra IKM & Ketentuan Barang Kiriman IKM Kota Batam yang diadakan oleh Disperindag Kota Batam pada hari Kamis lalu (27/02) di Aula Kantor Walikota Batam. Sosialisasi kali ini juga berkolaborasi dengan Asperindo Batam, Kanwil DJP Kepri, KPP Pratama Batam Utara, dan KPP Pratama Batam Selatan.

“Acara ini sangat penting sekali untuk kita semua agar mengetahui aturan ini lebih jelas (PMK Nomor 199 Tahun 2019). Pemerintah akan terus mendukung dan mendorong IKM jadi teruslah berkembang dan teruslah berinovasi”  ucap Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Hj. Marlin Agustina Rudi, dalam kata sambutannya.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, Sumarna, menyatakan bahwa produk-produk IKM Batam akan dibebaskan dari Bea Masuk (BM) dan hanya dikenai PPN saja sebesar 10%. Namun para pelaku IKM harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu dimana pelaku IKM harus mendaftarkan usahanya ke Disperindag Batam dan harus memiliki NPWP.

Pada sosialiasi ini, Kanwil DJP Kepri juga membuka pelayanan mandiri dimana para pelaku IKM dapat membuat NPWP untuk keperluan mendaftarkan diri sebagai pelaku IKM.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat membangunan ekonomi dan industri di Indonesia dengan memperkuat pertumbuhan dan memajukan Industri Kecil dan Menengah (IKM).