Awasi Penyelundupan di Pesisir Laut Sumatera, Bea Cukai Batam Tingkatkan Sinergi

Batam (1/10) – Guna meningkatkan pengawasan terhadap penyelundupan di wilayah laut pesisir Sumatera, Direktorat Penindakan dan Penyidikan (P2) adakan bimbingan teknis, asistensi dan rapat melalui daring bertempat di Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea dan Cukai Tipe B Batam bersama beberapa unit P2 di wilayah Sumatera (01/10/2020).

Kondisi Selat Malaka dan Selat Singapura yang sangat strategis merupakan jalur paling efektif untuk mendistribusikan barang antar daerah di Indonesia maupun antar negara baik secara legal maupun yang ilegal. Hal ini yang menjadi fokus utama rapat bersama beberapa unit P2 di wilayah pesisir Sumatera.

Adanya upaya penyelundupan barang ilegal di wilayah perairan Selat Malaka dan Selat Singapura dapat memberikan dampak negatif bagi negara. Tak hanya kerugian keuangan negara, tetapi juga keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Bea Cukai Batam bekerja sama dalam melakukan pengawasan penyelundupan dengan kantor-kantor lain di wilayah Sumatera. Penguatan patroli laut baik penguatan mental personil dan strategi penanganan penyelundupan di pesisir Sumatera terus dilakukan walau dalam masa pandemi.

Turut serta dalam kegiatan pengawasan melalui patroli laut di wilayah Selat Malaka dan Selat Singapura merupakan bentuk tanggung jawab dan pengabdian KPU Bea Cukai Batam dan PSO Batam dalam melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal yang dapat membahayakan masyarakat.