+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam (04/02) – Salah satu media yang dapat memberikan informasi dengan jangkauan luas  dan murah adalah Radio. Kali ini Bea Cukai Batam kembali mensosialisasikan PMK Nomor 199/PMK.010/2019 tentang aturan impor barang kiriman yang berlaku 30 Januari 2020 melalui siaran radio pada hari Rabu lalu (04/02). Walaupun aturan tersebut sudah berjalan, Bea Cukai Batam terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman terkait aturan tersebut, khususnya pengeluaran barang kiriman dari Batam ke Indonesia lainnya.

Sosialisasi ini berlangsung di Batam FM 100,7 FM @batamfm1007 bersama dengan Frans Imanuel Depari, Kepala Seksi Layanan Informasi dan Zulfikar Islami, Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan. Beberapa hal yang disampaikan masih terkait dengan batasan pengiriman barang kiriman menjadi USD 3 dengan tarif flat BM 7,5% dan PPN 10%, serta tarif untuk barang khusus seperti tas, sepatu, dan produk tekstil.

Selain itu juga memberikan pemahaman bahwa untuk produk lokal khususnya produk IKM hanya dikenakan PPN sebesar 10%. Dengan sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat mengenai aturan barang kiriman dari Batam ke Indonesia lainnya.

WhatsApp chat