+62 778 - 458149

Batam (31/10) Dalam rangka menjaring industri berorientasi ekspor yang belum memanfaatkan fasilitas kepabeanan untuk peningkatan daya saing ekspor, Bea Cukai Batam mengadakan Gathering Pengusaha Potensi Ekspor. Acara ini diikuti oleh 80 pengusaha potensi ekspor yang ada di Batam. Dalam pembukaan acara tersebut , Susila Brata selaku Kepala Kantor Bea Cukai Batam mengatakan “Saya harap dengan adanya kegiatan gathering pengusaha potensi ekspor ini membukakan pintu gerbang bagi para pengusaha untuk melakukan ekspor dan menghubungkan para pengusaha dengan pemerintah”.

Kegiatan Gathering Pengusaha Potensi Ekspor meliputi penjelasan terkait tugas dan fungsi Bea Cukai serta fasilitas kepabeanan dalam rangka mempermudah pengusaha untuk melakukan ekspor yang dijelaskan oleh Yosef Hendriyansyah selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai I Bea Cukai Batam. Selain itu dalam acara tersebut juga dijelaskan tentang pengenaan pajak dan pembukuan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Kantor Wilayah DJP Kepulauan Riau serta penjelasan oleh Badan Pengusahaan Batam tentang pembuatan Surat Keterangan Asal (SKA) untuk penentuan tarif preferensi di Negara Tujuan.

Dalam¬†Kegiatan Gathering Pengusaha Potensi Ekspor tersebut Leny Nuriskawaty selaku perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam mengatakan “Kami akan memfasilitasi para pengusaha untuk pembuatan logo dan packaging dari produk anda” . Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh Ketua Kamar Dagang Indonesia Batam karena telah menumbuhkan semangat para pengusaha untuk melakukan ekspor.