Batam – Pada Hari Kamis (04/05) Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Batam melaksanakan Sosialisasi Pembentukan Satuan Tugas Pemberantasan Pungli di Lingkungan DJBC bertempat di Aula KPU BC Tipe B Batam. Sosialisasi tersebut dibagi menjadi dua sesi dengan sesi pertama ditujukan untuk Pegawai di lingkungan Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Batam dan sesi kedua ditujukan untuk para pengguna jasa KPU Bea dan cukai Tipe B Batam yang terdiri dari Importir, Eksportir, Pengusaha barang kena cukai, dan PPJK.

Acara sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh para pegawai Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam. Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor KPU BC Batam, yang diwakili oleh Bapak Niko Budi Dharma. Pada sambutan tersebut Bapak Niko Budi Dharma menyampaikan bahwa setelah Reformasi Birokrasi maka praktik-praktik Korupsi, Pungli, dan Gratifikasi harus benar-benar diberantas. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Iwan Agung dari Direktorat Kepatuhan Internal Kantor Pusat Bea dan Cukai.

Setelah acara sesi pertama selesai dilaksanakan, acara sesi 2 dengan peserta para Pengguna Jasa Kepabeanan dan Cukai di lingkungan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam dimulai dengan diawali sambutan oleh Kepala Kantor KPU BC Batam, yang diwakili oleh Bapak Niko Budi Dharma. Pada sambutan tersebut Bapak Niko Budi Dharma menyampaikan kepada para peserta sosialisasi bahwa jangan takut untuk melaporkan praktik pungli dan menjamin kerahasiaan data pelapor serta memastikan hak-hak pelapor yang terkait dengan pengurusan kepabeanan dan cukai tidak terganggu. Acara dilanjutkan dengan penyerahan goody bag kepada 5 peserta sosialisasi yang datang tercepat.

Materi disampaikan oleh Bapak Iwan Agung dari Direktorat KI dan Bapak Niko Budi Dharma selaku kepala Bidang KI KPU BC Tipe B Batam.

Acara ditutup dengan sesi tanya-jawab dan pembagian pamflet pengaduan dari Direktorat KI Kantor Pusat DJBC.