Batam,24/10 (BC Batam) – Bertempat di Cendana Ballroom Novotel Batam, 404 stakeholder KPU Bea & Cukai Batam mengikuti Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120/PMK.04/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 47/PMK.04/2012 tentang Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai dan Pemaparan Program PIBT yang diselenggarakan oleh KPU Bea & Cukai Batam. Peserta sosialisasi yang terdiri dari Importir, Eksportir, PPJK, Pengusaha barang Kena Cukai, dan Asosiasi Kepabeanan.

Susila Brata selaku Kepala KPU BC Batam mengatakan “Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120/PMK.04/2017 merupakan penyempurnaan dari Peraturan Menteri Keuangan sebelumnya. “

Latar belakang dari perubahan peraturan kawasan bebas ini karena harapan penetapan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) sebelumnya tidak sesuai dengan perkembangan KPBPB . Sehingga dibuat perubahan peraturan agar dapat mendorong kegiatan industri serta meningkatkan daya saing industri tujuan ekspor di kawasan bebas.

Perubahan peraturan tersebut terdiri atas Perubahan Teknis Pelayanan Pabean dan Cukai, Penambahan Fasilitas Kepabeanan, dan Perubahan Teknis Pengawasan Pabean dan Cukai.