Batam – Selasa, 03 Oktober 2017, bertempat di lapangan olahraga Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bea dan Cukai ke-71. Upacara Peringatan Hari Bea dan Cukai ke-71diikuti oleh para pejabat dan pegawai KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam dan Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Batam, dan beberapa purnabakti pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Upacara dimula pada pukul 07.30 WIB.

Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam, Susila Brata, selaku inspektur upacara menyampaikan dalam amanatnya bahwa sejarah Bea dan Cukai diwarnai dengan berbagai macam perjuangan yang patriotik bukan hanya dalam penerimaan negara namun juga ikut serta dalam penumpasan pemberontakan DI/TII dan PRRI/Permesta, G-30-S/PKI, Operasi Dwikora, Penentuan Pendapat Rakyat Irian Barat, hingga Operasi Seroja. Dalam amanat tersebut beliau juga menyampaikan bahwa DJBC harus selalu meningkatkan sinergi antar kementerian, lembaga, dan satuan kerja lainnya. Dewasa ini peningkatan sinergi tersebut diwujudkan melalui program yang dikenal dengan program Penertiban Impor Berisiko Tinggi (PIBT) yang kesuksesan pelaksanaannya tidak mungkin terwujud tanpa sinergi antara DJBC dan kementerian, lembaga, dan instansi lainnya yang terkait.

Upacara diakhiri pada pukul 08.15 dengan melaksanakan sesi foto bersama dan penyerahan penghargaan kepada para purnawirawan pegawai DJBC.