+62 778 - 458149

Batam – (15/03/18) Peresmian Ruang Pelayanan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam yang baru dihadiri dan dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Heru Pambudi. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Penindakan dan Penyidikan dari Kantor Pusat DJBC, Bapak Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta, jajaran eselon III dan eselon IV, para pegawai serta pengguna jasa di lingkungan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam.

Acara tersebut diawali dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor, Bapak Susila Brata, “Acara ini adalah peresmian atau secara resmi menggunakan dengan disaksikan oleh Bapak Dirjen Bea Cukai, bahwa kita sudah melakukan perubahan. Ini bukanlah perubahan kecil tetapi merupakan bagian dari perubahan besar dimana kita ingin mendekatkan, lebih dekat lagi dengan pengguna jasa.”

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dirjen Bea dan Cukai yang mengapresiasi dan berterimakasih atas inovasi yang telah diberikan. Beliau juga berpesan kepada pengguna jasa,  bahwa transparansi, kecepatan dan efesiensi pelayanan adalah penting, dengan demikian dapat menurunkan cost logistic and production para pengguna jasa dengan harapan industri kita bisa menjadi lebih kompetitif, setidaknya dapat memenuhi market Indonesia, bahkan ekspor. “Batam adalah pusat investasi nasional, saya berpesan kepada jajaran untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya. In return, pengguna jasa juga memenuhi aturan sebaik-baiknya agar kita bisa bersinergi membangun Batam.”

Adapun pelaksanaan renovasi ini sudah dirancang oleh kepala kantor terdahulu, Bapak Nugroho, dengan konsep  yang modern, nyaman, dan memenuhi persyaratan fasilitas, seperti ruang laktasi serta akses masuk dengan fasilitas difabel. Selain itu, konsep yang lebih dekat dengan pengguna jasa, dekat dalam artian komunikasi antara pegawai dan pengguna jasa diharapkan menjadi lebih interaktif sehingga dapat saling memahami kebutuhan dan kewajibannya masing-masing. Konsep tersebut juga sudah sesuai dengan flow/alur pelayanan kepabeanan dan cukai, dimulai dengan manifest, analyzing point, hingga ekspor dan impor.

Ruang Pelayanan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam yang baru telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Pembangunan yang dimulai sejak bulan Desember 2017 hingga Maret 2018 ini memang sudah direncanakan sejak lama dan masuk sebagai salah satu agenda reformasi birokrasi di lingkungan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam.