Batam (12/10/16), Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam (KPU BC Tipe B Batam) adalah Unit Organisasi Vertikal dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang menjalankan sebagian tugas dan fungsi DJBC di wilayah pengawasannya. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya maka salah satu aspek yang sangat krusial yaitu di bidang pengawasan.

berita-1

Dalam melakukan fungsi pengawasan tersebut maka KPU BC Tipe B Batam telah banyak melakukan penindakan di bidang kepabeanan dan cukai baik untuk pengamanan hak-hak keuangan negara maupun untuk perlindungan masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal yang merusak maupun berbahaya.

berita-2

Atas barang-barang hasil penindakan tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan, statusnya akan menjadi Barang Milik Negara (BMN), dimana pengadministrasian dan pengelolaannya dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Selanjutnya atas barang-barang BMN tersebut sesuai persyaratan-persyaratan tertentu pemanfaatannya bisa dilelang, ditetapkan status penggunaan, dihibahkan, atau dimusnahkan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan.

berita-4

Untuk barang-barang hasil penindakan yang disetujui peruntukannya untuk dimusnahkan, pelaksanaan pemusnahan sesuai ketentuan dari Kementerian Lingkungan Hidup tidak boleh menyebabkan atau berdampak pencemaran terhadap lingkungan sekitarnya. untuk itu pelaksanaan pemusnahan dilakukan bekerja sama dengan PT Desa Air Cargo yang merupakan perusahaan yang profesional dan memiliki perlengkapan yang memaddai dalam hal pemusnahan barang-barang.

berita-3

Untuk itu pada Rabu 12 Oktober 2016, KPU BC Tipe B Batam melakukan pemusnahan terhadap barang-barang sitaan hasil tegahan berupa:

  1. Bawang sebanyak 74,98 ton dalam keadaan rusak/busuk
  2. Barang Kena Cukai berupa Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) berbagai merek sebanyak 6901,2 liter {16.800 kaleng bir (4.736 liter), hasil tembakau berupa rokok (60.000 batang)}

Dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp. 1.386 Milyar.