Batam – Jumat, 16 Desember 2016 Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam mengadakan P2KP tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga “Kaya Tanpa Korupsi”. P2KP ini diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam yang bertempat di aula lantai III Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam. Pembicara pada P2KP ini adalah pejabat dari Kantor Pusat Bea dan Cukai yaitu Ibu Ririn Septiani, Kepala Seksi Multirateral II, Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga.

1

P2KP dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan sambutan oleh Bapak Nugroho, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam dan Bapak Niko, Kepala Bidang Kepatuhan Internal. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi oleh Ibu Ririn mengenai pengelolaan keuangan keluarga. Ibu Ririn menjelaskan penyebabkan korupsi yang disebut Fraud Triangle (Segitiga Fraud). Segitiga Fraud ini terdiri dari Pressure, Opportunity, dan Rationalization. Pressure dalam hal ini adalah tekanan yang diakibatkan oleh kondisi keuangan sehingga orang terpaksa melakukan korupsi untuk menyelesaikan masalah keuangannya. Kemudian Opportunity yaitu adanya kesempatan untuk melakukan korupsi. Sedangkan Rationalization adalah menganggap bahwa korupsi yang dilakukan adalah hal yang sudah biasa.

2

Kemudian Ibu Ririn menjelaskan bagaimana cara untuk kaya tanpa korupsi yaitu dengan cara memeriksa berapa besar penghasilan yang didapat setiap bulannya dan pengeluaran setiap bulannya. Untuk dapat memiliki simpanan, harus menyisihkan penghasilan untuk disimpan sebelum digunakan untuk keperluan lain, bukan menyisihkan penghasilan untuk disimpan setelah digunakan untuk keperluan lain. Ibu Ririn juga menjelaskan mengenai investasi. Disarankan untuk para pegawai yang masih muda untuk melakukan investasi.

Setelah penjelasan selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa peserta mengajukan pertanyaan mengenai masalah keuangan pribadi.

Acara diakhiri dengan foto bersama.