Pada hari Selasa tanggal 03 Oktober 2017 bertempat di Aula lantai 3 (tiga), KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam mengadakan Rapat Koordinasi Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai, Penertiban Impor Berisiko Tinggi, dan Koordinasi & Supervisi bersama KPK. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar instansi dan satuan kerja khususnya di wilayah Kota Batam dan sekitarnya. Rapat koordinasi tersebut ditujukan untuk memperkuat sinergi antar instansi/satuan kerja guna mendukung penguatan reformasi di bidang kepaeanan dan cukai dan program penertiban impor berisiko tinggi DJBC.

Acara rapat koordinasi dibuka pada pukul 13.30 WIB dengan kata sambutan oleh Bpk. Susila Brata selaku Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Peserta Rapat Koordinasi ini terdiri dari Tenaga Pengkaji Kantor Pusat DJBC, Unit- Unit satuan kerja DJBC di Batam dan Sekitarnya, Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK, Aparat Penegak Hukum di Kota Batam dan sekitarnya, dan beberapa instansi dan satker pemerintahan di Kota Batam. Dalam Rapat Koordinasi ini TenagaPengkaji Kantor Pusat DJBC memberikan arahan khusus kepada pihak Bea Cukai agar senantiasa melaksanakan program mandiri berupa 19 (sembilan belas) inisiatif strategis untuk mendukung terlaksananya penguatan reformasi kepabeanan dan cukai. Tenaga pengkaji Kantor Pusat DJBC juga menyampaikan kepada DJBC, DJP, untuk memperkuat kerjasama kepada kementerian, lembaga, dan instansi lain yang terkait.

Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK dalam arahannya kepada seluruh hadirin menyampaikan bahwa para setiap kementerian, lembaga, maupun instansi agar bekerja bersama di lapangan, dan bersama-sama melakukan pemetaan modus dan “oknum pemain” untuk digunakan sebagai bahan penyusunan manajemen resiko. Acara ditutup pada pukul 16.30 WIB dengan melaksanakan sesi foto bersama.