Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam mempersembahkan hasil karya video dengan tema “Kebhinekaan”. Dalam video berdurasi 7 menit 55 detik tersebut Kepala Kantor Bpk. Noegroho Wahyu Widodo, para  pejabat eselon III dan pejabat eselon IV serta pegawai di lingkungan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam menyanyikan lagu-lagu daerah lengkap dengan atribut adat asal daerah masing-masing.

Makna Kemerdekaan HUT RI ke-72 bagi KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam  adalah merefleksikan pada nilai-nilai positif dari keragaman suku dan budaya  Indonesia, bergotong-royong dalam kebersamaan, pantang menyerah dan bekerja keras dengan mengutamakan keharmonisan dalam kebhinekaan
Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) Bpk. R. Evy Suhartantyo mengawali   video itu dengan lagu khas Melayu berjudul Lancang Kuning, kemudian dilanjutkan dengan lagu Cik Cik Periuk dari Kalimantan Barat, Mappadendang dari Bugis dan  lagu-lagu daerah lainnya untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Video dengan tema “Kebhinekaan” ini merupakan hasil karya adik-adik pegawai KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam yang selalu meningkatkan kreatifitas dan inovasinya guna menjadikan Bea dan Cukai semakin baik sebagaimana pesan yang disampaikan oleh Kepala Kantor pada akhir video “wahai semua pegawai Bea dan Cukai dimanapun kalian semua berada, jagalah nama baik Bea dan Cukai untuk Bea dan Cukai yang semakin baik.” (Ric/BKLI)