+62 778 - 458149

(Batam, 27/07/2019)

Selain melaksanakan tugas dalam hal pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Batam juga aktif melakukan edukasi terkait kepabeanan dan cukai kepada masyarakat Batam, kali ini dilaksanakan kunjungan ke SMAN 3 Batam dalam acara Customs Goes To School (CGTS) dengan tema One Step Closer, bersamaan dengan CGTS juga dilaksanakan kegiatan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) dari Mahasiswa Diploma III PKN STAN.

Hadir sebagai pemateri Zulfikar Islami Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan. Beliau menyampaikan materi kepada ratusan siswa yang memadati lapangan olahraga SMAN 3 Batam. Materi yg disampaikan terkait tupoksi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai secara umum dan juga tupoksi Bea Cukai yg berbeda khususnya untuk Kawasan Bebas Batam, serta memberi himbauan kepada para siswa agar tertib terkait barang bawaan penumpang dan barang kiriman.  “Jangan sekali-kali kalian membeli dan memakai barang ilegal. Karena sangat merugikan bagi negara. Barang ilegal tidak menambah kontribusi penerimaan negara, dapat merusak pasar lokal dan membahayakan bagi masyarakat” ucap Zulfikar Islami.

Selanjutnya Zulfikar juga menyampaikan macam-macam seragam yang dikenakan pegawai bea cukai dalam bertugas. Acara diakhiri dengan pertunjukan dari Tim K9 Bea Cukai Batam dan foto bersama. Diharapkan adanya CGTS ini dapat meningkatkan wawasan para siswa terkait kepabeanan dan cukai, serta para siswa bisa menyebarluaskan kepada orang-orang terdekatnya.