BATAM, Rabu, 2 Agustus 2017 telah dilaksanakan acara Coffee Morning dengan tema “Sambung Rasa” yang  bertempat di Ballroom Cendana Novotel Batam. Acara tersebut dilaksanakan selain untuk menjalin komunikasi antara pengguna jasa (stakeholders) dengan para pejabat di KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam dan juga dalam rangkaian kegiatan survey Kepuasan Pengguna Jasa tahun 2017. Kegiatan survey ini dilakukan sesuai surat Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai nomor S-300/BC.08/2017 tanggal 18 Juli 2017 yang merupakan bentuk komitmen DJBC dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan untuk mencegah pelanggaran / tindak pidana korupsi di DJBC khususnya di KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam.  Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri sebanyak ± 200 undangan, para pejabat eselon III dan pejabat eselon IV Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam serta perwakilan dari Direktorat Kepatuhan Internal Kantor Pusat DJBC Jakarta.

Rangkaian acara pertama  dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak Nugroho Wahyu Widodo selaku Kepala Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam. Dalam  sambutannya, beliau menyampaikan target survey Kepuasan Pengguna Jasa tahun 2017 adalah 4,05%, atau naik 0,05% dari target tahun 2016 yaitu 4,00%. Sedangkan capaian survey  Kepuasan Pengguna Jasa tahun 2016 lalu  adalah  4,15% dari 131 koresponden yang terdiri dari importir, eksportir, asosiasi, PPJK (Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan), agen pelayaran PJT (Perusahaan Jasa Titipan).

Dalam sambutan penutupnya Bapak Nugroho Wahyu Widodo menyampaikan pentingnya survey kepuasan pengguna jasa dalam meningkatkan kualitas kinerja pelayanan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam ke depannya dan menghimbau sekaligus menekankan agar para pengguna jasa mengisi kuesioner secara jujur dan objektif serta sesuai dengan pelayanan yang diterima selama ini. Beliau juga menyampaikan tingkat kepuasan terhadap pelayanan di KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam selama kurun waktu satu tahun terakhir dan evaluasi terhadap pelayanan dan fasilitas apa yang harus diperbaiki.

Acara selanjutnya tentang rencana pelaksanaan renovasi Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam yang akan dimulai pada pertengahan bulan Juli 2017 sampai dengan akhir bulan Desember 2017 yang dipaparkan oleh Bapak Ilman Najib selaku Kepala Bagian Umum. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tampilan layout gedung yang baru, fasilitas dan proses pelayanan yang simple dengan konsep menggabungkan seluruh proses kegiatan  pelayanan di dalam satu ruangan,  dengan harapan pengurusan dokumen impor / ekspor dapat lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya pemaparan oleh Bapak Niko Budhi Darma selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal tentang petunjuk pengisian survey Kepuasan Pengguna Jasa dan dilanjutkan dengan pemaparan petunjuk pengisian kuesioner Survey Persepsi dan Integritas Pengguna Jasa oleh Bapak Edy Suhertyo selaku perwakilan dari Direktorat Kepatuhan Internal. Acara ditutup dengan ramah tamah makan siang bersama dan foto bersama dengan para pengguna jasa (stakeholders). (BKLI Ricky)