+62 778 - 429 446 Info.bcbatam@customs.go.id

Batam (27/01/2020) – Bea Cukai Batam kembali memberikan Sosialisasi Mengenai Impor Barang Kiriman dalam acara Temu Pengusaha UMKM Online Batam yang merupakan inisiasi Badan Pengusahaan (BP) Kota Batam yang diikuti oleh ratusan Pengusaha UMKM Online Batam.

Sumarna, Kepala Bidang BKLI, menyampaikan latar belakang terbitnya aturan mengenai impor barang kiriman tersebut. “Kementerian Keuangan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak sehingga dapat menciptakan keadilan bagi seluruh pelaku usaha yang ada di Indonesia dan peraturan ini berlaku secara nasional.” tegas Sumarna.

Mengenai aturan terbaru ini, Bambang Lusanto, Kabid Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai II, menyampaikan bahwa dalam peraturan terbaru ini membuat sederhana dalam penghitungan tarifnya yang semula bea masuk dikategorikan berdasarkan tarif normal impor biasa menjadi tarif flat yaitu bea masuk sebesar 7,5%, PPN 10%, dan tidak dipungut PPh. kecuali untuk barang tertentu seperti tas, sepatu, produk tekstil, dan buku.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan selain memberikan edukasi kepada masyarakat tapi juga menampung aspirasi masyarakat terkait aturan terbaru barang kiriman agar bisa memberikan keadilan semua kalangan.

WhatsApp chat