Batam, Rabu 22 November 2017 bertempat di Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai batam telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai barang kiriman. Kegiatan Sosialisasi ini meliputi pemberian materi serta Tanya jawab seputar Kegiatan ini diikuti oleh 43 Penguna Jasa yang dimana sebagian besar adalah Pengusaha Jasa Titipan. Sosialisasi ini diadakan sebagai pemberlakuan peraturan baru yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 tahun 2017 tentang Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan Yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai.

Dimana dalam peraturan tersebut terdapat perubahan aturan mengenai barang kiriman yang kemudian dilengkapi oleh PMK 182 Tahun 2016. Pemberian Materi yang berjudul “Pengeluaran Barang Kiriman dari Kawasan Bebas menuju TLDDP” ini dipaparkan oleh Hariono Adi Selaku Kepala Seksi Pabean Cukai II PFPC III dan Arif Setyawan Selaku Kepala Seksi Intelijen II.Walaupun Materi yang diberikan memakan waktu kurang lebih 2 Jam, namun terlihat Penguna Jasa begitu antusias dalam memahami peraturan baru ini. Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, R. Evy Suhartantyo mengatakan “Helpdesk kami siap menerima segala pertanyaan menyangkut pengeluaran barang kiriman” .

Kegiatan ini diadakan oleh bea cukai batam bukan karena adanya peraturan baru saja, melainkan banyaknya complain dari penguna jasa terkait barang kiriman. Kegiatan ini diharapkan dapat Meningkatkan pengetahuan mengenai aturan Barang Kiriman sehingga pengaduan masyarakat mengenai Barang kiriman dapat menurun.